Shopping Cart : Rp 0,-
 
PRODUCT CATEGORIES
MENU
banner1
banner2
banner3
banner 4
Banner 8
Banner 9
NEWS
 
  05 Oktober 2017
Pembagian Kanal FM di Indonesia
 
 
  04 Oktober 2017
Teknik Dasar Pemancar Radio
 
   
NEWSLETTER
  Newsletter Signup!  
 
 
 
  NEWS  
 
03 Desember 2013
Radio AM dan FM
Kamu suka mendengarkan radio? Perhatikan deh stasiun radio favorit kamu pasti kebanyakan disiarkan melalui saluran FM. Meski demikian, masih ada juga yang disiarkan melalui saluran AM. Apa sih sebenarnya beda saluran FM dan AM ini? Lalu, bagaimana dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing?

Sebelumnya kita lihat sedikit bagaimana siaran radio ini dipancarkan. Konsep dasarnya adalah mentransmisikan suara yang disiarkan dari stasiun radio ke berbagai orang yang ada di seluruh penjuru kota. Tentu saja suara tersebut tidak bisa langsung sampai ke telinga kita semua. Untuk itu, perlu bantuan sarana lain agar suara tersebut bisa tersebar dengan jangkauan lebih luas. Dalam siaran radio, gelombang suara dari siaran tadi ditransmisikan dengan bantuan gelombang radio frekuensi tinggi supaya dapat menjangkau lebih luas. Gelombang suara tersebut menumpang ke gelombang radio lain itu (disebut juga gelombang pembawa atau carrier) dan mengubah-ubah komponen gelombang pembawa tersebut sesuai dengan pola gelombang suaranya, atau istilah kerennya adalah modulasi. Gelombang yang sudah termodulasi itulah yang ditransmisikan dari pemancar radio hingga sampai ke perangkat penerima sinyal radio di rumah kita. Perangkat radio itu kemudian mengambil komponen gelombang suaranya saja dan memainkannya sehingga dapat didengar oleh telinga kita.

Nah, modulasi lah yang menjadi karakter utama pembeda radio AM dan FM. AM merupakan singkatan dari amplitude modulation. Ini artinya, radio AM menggunakan konsep modulasi amplitudo, di mana gelombang suara akan memodulasi amplitudo dari gelombang pembawanya. Amplitudo sendiri adalah jarak antara nilai maksimum dan nilai minimum suatu gelombang, atau gampangnya adalah tinggi gelombang. Sementara FM sendiri merupakan singkatan dari frequency modulation menggunakan modulasi frekuensi, dimana gelombang suara akan memodulasi frekuensi gelombang pembawanya.

Lalu mengapa kini radio banyak menggunakan saluran FM daripada AM? Ternyata, radio FM memiliki kualitas suara yang lebih baik daripada radio AM. Selain itu, gelombang radio FM lebih tahan terhadap cuaca buruk, tidak seperti gelombang radio AM yang cukup rentan. Meski demikian, ternyata jangkauan dari gelombang radio FM tidaklah sejauh jangkauan gelombang radio AM. Supaya dapat menjangkau lebih luas, pemancar radio FM harus diletakkan di tempat yang tinggi. Itulah mengapa menara pemancar radio dibuat sangat tinggi.

Oleh : SainsMe























































--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
pemancar radio fm, radio komunitas, antena radio fm, studio broadcast, mixer, microphone, telepon hybrid, stand mic, audio processor, pemancar rvr, pemancar omb, pemancar elenos, pemancar rakitan, pemancar lokal, kabel transmisi, kabel heliax, kabel jamper, kabel audio, canare, pemancar tv, tv lokal, tv daerah, tv nasional, radio transmitter, tv transmitter, tv komunitas
 
 
   Product Search
SPECIAL PRICE
 
Rp 25.000.000,-
Rp 24.000.000,-
 
 
DOWNLOAD

  AM STEREO - Transmitter
  CONTOH Sertifikasi A
  FM SOLIDSTATE - Lokal
  PERIJINAN LPK - Radio
  PERIJINAN LPS - Radio
  RVR-TEX30LCD Katalog
  STL LinkTech - Spesifikasi
  TV Transmitter UHF-VHF
 
banner 5
banner 6
banner 7
banner 10
banner 11
banner 12
TESTIMONIAL
 
bernard
"pak, saya minta tolong harga pemancar RVR 10 ..."
 
 
WEB STATISTIC

  User Online 2  
  Hari ini 346  
  Kemarin 292  
  Minggu ini 638  
  Bulan ini 3601  
  Total 401576